BAGAIMANA CARA MENDESAIN
RUMAH KITA SENDIRI AGAR KITA BISA PUAS MEMILIKI RUMAH SESUAI
IDAMAN KITA.
Gaya desain rumah minimalis saat ini banyak di minati banyak
orang desain rumah minimalis dengan kesan kosong, simpel, dan modern
menjadikan desain rumah diminati kalangan urban perkotaan. Memang popularitas
rumah minimalis menjadi fenomena menarik di wilayah perkotaan.
Desain
Rumah minimalis memiliki nilai praktis, fungsional, ringan, hemat, dan efisien,
karena minimalis adalah pengejawantahan gaya hidup mereka (urban), sesuai
dengan kebutuhan fungsi mereka. Simbol gaya hidup metropolis. Sebuah cara hidup
sederhana secara total.
Terkait
tren pembuatan rumah minimalis, terkadang kita ingin coba merencanakan, bahkan
mendesain sendiri. Dari corat-coret biasa di atas kertas, hingga menggunakan
komputer. Nah Autocad, salah satu program desain gambar biasa dimanfaatkan
untuk mendesain rancangan bangunan. Aplikasi yang praktis, mudah, dan cepat ini
juga bisa berkolaborasi dengan software 3D Max. Pada perkembangannya aplikasi
Autocad dimanfaatkan pula oleh para pengembang perumahan, tak terkecuali untuk
mendesain rumah minimalis.
Langkah
atau cara mendesain rumah minimalis bagaimana? Michael Kristiawan dalam
bukunya Panduan Praktis Mendesain Rumah Minimalis dengan Autocad dan 3D Studio
Max, mengantarkan secara sistematis dan langkah demi langkah untuk merancang
rumah minimalis. Buku ini dibuka dengan tahapan dasar menyusun denah layout
rumah disertai ukuran. Pada tahapan selanjutnya pengaturan unit satuan, membuat
layer baru, dinding, lantai, pintu, ornamen, jendela, atap, dan carport.
Nah, agar obyek tampak lebih nyata dan berdimensi ruang (3D), file gambar dari
Autocad dipindahkan pada aplikasi 3d Max untuk menambahkan material,
kamera, pencahayaan.
Dalam
buku ini juga diberikan cara membuat modeling ruang, seperti model ruang ruang
tidur, ruang tamu, dan ruang makan. Latihan ini diberikan untuk membayangan
dimensi ruangan dalam sudut tiga dimensi. Panduan Praktis Mendesain Rumah
Minimalis diterbitkan oleh mediakita, bisa dijadikan referensi untuk mendesain
rumah gaya minimalis sesuai kebutuhan dan impian Anda. Buku ini dilengkapi CD
pendamping untuk latihan membuat rumah minimalis modern dan terbaru.
Dan
sebagai tips sebelum anda mendesain rumah minimalis atau model rumah yang anda
inginkan berikut beberapa saran dari saya tentang cara mendesain rumah
minimalis :
- Buatlah rumah kita berkesan “hidup”,
natural, yakni bisa dilalui lalulintas udara yangg sehat (refresh-selalu
terbarui) dan sirkulasi udara yang lancar dengan membuat lubang ventilasi
rumah, yang bentuk desainnya kita sesuaikan dengan selera kita, mau style
mnimalis, klasik, mediterania, natural dan sebagainya, tergantung kita
saja.
- Adanya sinar matahari yang
terpantul hingga menerangi rumah kita dengan adanya jendela jendela rumah
tembus pandang, bila perlu dengan pintu rumah tertentu yang tembus
pandang, berarti bisa mengunakan bahan kaca, polycaarbonate, glassblock
dan lainnya. Dengan konsep ini kita bisa menghemat penggunaan lampu dan
energi listrik dirumah kita. Juga bisa memberikan kesehatan tersendiri
bagi penghuninya jika rumah yang bersangkutan dilalui sinar matahari pagi.
- Buatlah desain rumah sederhana
yang indah sesuai dengan kebutuhan dan volume aktifitas dan kapasitas
jumlah member dari anggota keluarga kita. Buatlah desain ruangan rumah
selapang mungkin terutama untuk ruang tengah,hindari ruang ruang yang
bersifat parsial atau terlalu dibatasi oleh banyak dinding terutama antara
ruang tamu dan ruang tengah kalau pun ada dinding bisa di terapkan dinding
yang ‘mobile’ (bisa dipindah pindah), siapa tau suatu hari nanti kita
memerlukan kapasitas ruangan yang lebih lapang dengan cara memindahkan
dinding yang mobile tersebut sehingga kombinasi ruang tamu dan ruang
keluarga itu menjadi luas dan digunakan untuk sekelas acara semacam pesta,
barbeque, pengajian, dan lain-lain.
- Buatlah desain eksterior luar
rumah yang naturalis, dengan mennyediakan beberapa lahan kecil untuk
menjadi “paru-parunya” lingkungan rumah kita berupa taman taman rumah,
walaupun kecil bisa dimanfaatkan untuk refreshing mata dan tempat lalu
lintas udara masuk atau keluar ruangan rumah. Sehingga membantu program
kesehatan lingkungan rumah yang alami dan segar.
- Jika lahan sempit namun ada
dana plus, untuk rumah tingkat, bisa di desainkan semacam taman diatas
(sky-garden) untuk dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul keluarga di sore
atau malam hari, kongkow sambil minum kopi, atau “alternative place” untuk
ngobrol dengan anggota keluarga lainnya, sambil melihat ‘view’
(pemandangan) yang lebih lapang dari lantai 2 atau lantai diatasnya.
Adanya taman diatas ini memiliki nilai plus tersendiri bagi desain rumah
Anda.
- Desainlah ruangan rumah yang
mampu memberikan nilai tambah bagi kehidupan dan gaya hidup si pemiliknya.
Bagi yang suka baca, sebaiknya disediakan semacam ‘miniature library’
(perpustakaan pribadi) dirumahnya, juga bagi yang ingin membuka kantor
dirumah atau yang workaholic (berjiwa entreprenueship, suka kerja lembur
dirumah, kalangan profesional kreatif, dan sebagainya) bisa dibuatkan
ruangan kerja tersendiri dirumah, hal ini mampu memberikan nilai tambah
(plus) tersendiri bagi si pemiliknya.
- Fasilitas olahraga dan
rekresiapun pun tidak ketinggalan bisa ditambahkan atau disediakan utk
menunjang aktifitas plus lainnya, seperti renang dengan adanya kolam
renang, atau dalam bentuk miniatur bisa mengunakan kolam wirlfool (kolam
mandi dengan kapasitas 4-6 org dengan fitur tambahan pijat-urut ala
semburan air dari mesinnya ke pinggang para user-nya).
- Bagaimanapun banyak lagi fitur
rumah yang bisa ditambahkan kepada desain rumah kita, hingga terasa mampu
menampung banyak hal walaupun dengan lahan terbatas, jika didesain dengan
cermat, akan menghasilkan desain rumah yang bisa mengakomodasi berbagai
kepentingan dan berbagai impian yang mungkin sebelumnya tidak terpikir
atau terencana.
Publish: 30 Oktober 2010 | Author
& Copyright: Endra
| Status: FREE tutorial
Pada Tutorial Autocad 2010 kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat jendela rumah yang sederhana dengan Program Autocad. Tanpa banyak basa basi kita lanjut aja ya gan.
Didalam tutorial ini saya menggunakan printah
>PEDIT = Untuk menggabungkan garis2 yg terputus menjadi satu kesatuan/polyline
>EXTRUDE = Untuk member ketebalan object 2D menjadi 3D
>SUBTRACT = Untuk kurangi objek paling luar dengan paling dalam, sehingga menjadi sebuah lobang atau perpotongan
>RENDERING
Berikut Langkah - Langkahnya:
1. Siapkan Autocadnya gan, dan buatlah seketsa seperti gambar beriku beserta ukuranya gan.
(Line merah dan biru tersebut mempermudah saya untuk memberi keterangan) yang salah satunya bahwa garis tersebut belum menjadi satu kesatuan/polyline.
Terlebih dahuli gabunglah line yg terpecah dengan:
Command:pedit>klik salah satu line merah <enter> Y (jika diminta) <enter> join <enter> >sleksi semua garis merah dan biru dengan cara blok dari kanan bawah hingga kiri atas, lalu <enter><enter>
Jika anda melakukanya dengan benar,maka line akan berubah menjadi warna merah semua,yg berarti line tersebut telah menjadi swebuah line yg satu kesatuan/polyline.lakukan hal yang sama untuk line2 yg belum menjadi satu kesatuan/polyline seperti cara diatas.jika selesai,jangan lupa utuk mengcopynya gan,di taruh aja disebelah masternya,yg nantinya akan digunakan untuk membuat kaca nya gan.
2. Untuk selanjutnya, kita gunakan metode EXTRUDE (Jika ada yang belum paham mengenai EXTRUDE bisa melihat tutorial sebelumnya yaitu BELAJAR EXTRUDE DAN SUBTRACT )
Terlebih dahulu hapus dimensinya supaya tidak menggangu.jika semua line telah selesai di jadikan satu kesatuan, maka selanjutnya,
>command:extrude <enter> >seleksi semua line(seperti cara diatas) <enter> 5 (nilai ketebalan dari sketsa) <enter>
>klik SE Isometrik view untuk melihat hasilnya,seperti ini:
3. Next,kita gunakan metode SUBTRACT untuk membuat lobang kaca nya gan.
>command:subtract (bisa disingkat SU) <enter> klik rangka luar <enter> klik rangka dalam satu persatu(6 kotak yg berada di dalam gan/untuk meletakan kaca nantinya)
Jika berhasil,hasilnya seperti ini,
Selanjutnya kita akan membuat kacanya gan,…
Sekarang kita fokuskan ke sketsa hasil copy nya gan,
4. Command:extrude (bisa disingkat EX ) <enter> seleksi semua line rangka dalam <enter> 1 (ketebalan sketsa kaca) <enter>
Disini saya memberikan warna merah pada rangka kaca,agar lebih jelas perbedaanya
5. Masukan kedalam rangka jendela yg telah kita buat diawal tadi dengan cara
>seleksi semua rangka kaca(bewarna merah)
>command: move <enter>
>ambil salah satu titik point,
>pindahkan pada rangka jendela,
Dan akhirnya seperti ini,
6. Untuk tahap yang terakhirnya gan,adalah RENDERING,
PADA MENU UTAMA KLIK:
>VIEW>RENDER>MATERIAL
7. Pada toolbar MATERIAL, buat 2 material baru dengan cara:
>creat new material>beri nama “bingkai jendela”
>lakukan hal yg sama dan beri nama “kaca jendela”
Shingga ada 3 material gan,yg mana material pertama or yg ke-1 adalah masternya, jd jgn di otak atik.fokus kita adalah ke material yg telah kita buat tadi.OK gan…!
8. klik material “bingkai jendela”, pada toolbar MATERIAL EDITOR,
pilihan tempelate>pilih wood varnished
9. Pada toolbar maps dibagian Diffuse map, Selec image (Finnished,flooring…> saya ambil dari image didalam Autocad, anda bisa mencarinya)
10. Pilih Apply Material to Object>sleksi bagian bingkai jendela,maka bingkai jendela akan berubah menjadi seperti kayu yg telah di plistur.
Nah untuk bingkai jendelanya udah jadi gan,sekarang kita focus untuk kaca nya…. Lanjuuuuuuuuuuutt….!!!
Caranya sama seperti diatas,hanya sdikit perbedaan…
11. klik material “kaca jendela ”,pada toolbar MATERIAL EDITOR, pilihan tempelate>pilih Glass-Clear
12. karena dia bersifat kaca,maka perlu Klik Checkered Underlay of untuk melihatnya.
13. Pilih warna untuk kacanya gan,(disini saya pakai biru Muda karena hanya sebagai transulent aja.)
14. klik Apply Material to Object>lalu seleksi pada Bagian kaca jendela
Hasilnya seperti ini gan,,selanjutanya atur posisi terbaik,lalu view>render>render,tunggu sesaat untuk melihat hasilnya:
nah sekarang tinggal kreasi dari agan2 semua untuk memodifikasinya,,seperti yg saya buat..
sebagai gambaran sya beri tahu point2ny untuk gambar diatas….
Pertama agan harus membuat oject tembok dan lantai,sperti ini gan, untuk jendelanya ckup dicopy aja
>Tambahkan lagi 2 material editor seperti langkah no.7,beri nama “tembok” dan”lantai”.
1. material editor “tembok”
Template=user defined
Select image=Masonry.unit….
>Apply material to object
2. material editor “lantai”
Template=Cramic tile,Glazed
Select image=Masonry.Stone..
>Apply material to object
3. untuk pencahayaanya, kita kasih lampu gan.
>view>render>Light>new point light
>posisikan lampu diatas jendela (dgn menggunakan tools MOVE),lalu <enter>
>klik 2x pada lampu,maka akan kluar table properties Sbb:
KETERANGAN:
>Intensity factor = untuk member nilai cahaya lampu,semakin besar nilainya,maka semakin terang pula cahaya lampu yg dipancarkan.
>Filter color = untuk memilih warna cahaya lampu yg akan bersinar
Dan masih banyak lagi keterangan2 yg lainya gan,yg saya jelaskan adalh sebagian besarnya yg kita butuhin.agan bisa coba2 sendiri aja
Setelah semuanya slesai,atur posisi pandangan menggunakan 3Dorbit tool, lalu dirender gan untuk melihat hasilnya:
View>Render>Render
Ditunggu aja gan,tinggal seberapa cepet RAM pada computer anda untuk memprosesnya,,dsambil minum secangkir kopi hangat gan..hehehehehehe…
Demikian Tutorial Autocad kali ini
Terima Kasih
SEMOGA BERMANFAAT
Pada Tutorial Autocad 2010 kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat jendela rumah yang sederhana dengan Program Autocad. Tanpa banyak basa basi kita lanjut aja ya gan.
Didalam tutorial ini saya menggunakan printah
>PEDIT = Untuk menggabungkan garis2 yg terputus menjadi satu kesatuan/polyline
>EXTRUDE = Untuk member ketebalan object 2D menjadi 3D
>SUBTRACT = Untuk kurangi objek paling luar dengan paling dalam, sehingga menjadi sebuah lobang atau perpotongan
>RENDERING
Berikut Langkah - Langkahnya:
1. Siapkan Autocadnya gan, dan buatlah seketsa seperti gambar beriku beserta ukuranya gan.
(Line merah dan biru tersebut mempermudah saya untuk memberi keterangan) yang salah satunya bahwa garis tersebut belum menjadi satu kesatuan/polyline.
Terlebih dahuli gabunglah line yg terpecah dengan:
Command:pedit>klik salah satu line merah <enter> Y (jika diminta) <enter> join <enter> >sleksi semua garis merah dan biru dengan cara blok dari kanan bawah hingga kiri atas, lalu <enter><enter>
Jika anda melakukanya dengan benar,maka line akan berubah menjadi warna merah semua,yg berarti line tersebut telah menjadi swebuah line yg satu kesatuan/polyline.lakukan hal yang sama untuk line2 yg belum menjadi satu kesatuan/polyline seperti cara diatas.jika selesai,jangan lupa utuk mengcopynya gan,di taruh aja disebelah masternya,yg nantinya akan digunakan untuk membuat kaca nya gan.
2. Untuk selanjutnya, kita gunakan metode EXTRUDE (Jika ada yang belum paham mengenai EXTRUDE bisa melihat tutorial sebelumnya yaitu BELAJAR EXTRUDE DAN SUBTRACT )
Terlebih dahulu hapus dimensinya supaya tidak menggangu.jika semua line telah selesai di jadikan satu kesatuan, maka selanjutnya,
>command:extrude <enter> >seleksi semua line(seperti cara diatas) <enter> 5 (nilai ketebalan dari sketsa) <enter>
>klik SE Isometrik view untuk melihat hasilnya,seperti ini:
3. Next,kita gunakan metode SUBTRACT untuk membuat lobang kaca nya gan.
>command:subtract (bisa disingkat SU) <enter> klik rangka luar <enter> klik rangka dalam satu persatu(6 kotak yg berada di dalam gan/untuk meletakan kaca nantinya)
Jika berhasil,hasilnya seperti ini,
Selanjutnya kita akan membuat kacanya gan,…
Sekarang kita fokuskan ke sketsa hasil copy nya gan,
4. Command:extrude (bisa disingkat EX ) <enter> seleksi semua line rangka dalam <enter> 1 (ketebalan sketsa kaca) <enter>
Disini saya memberikan warna merah pada rangka kaca,agar lebih jelas perbedaanya
5. Masukan kedalam rangka jendela yg telah kita buat diawal tadi dengan cara
>seleksi semua rangka kaca(bewarna merah)
>command: move <enter>
>ambil salah satu titik point,
>pindahkan pada rangka jendela,
Dan akhirnya seperti ini,
6. Untuk tahap yang terakhirnya gan,adalah RENDERING,
PADA MENU UTAMA KLIK:
>VIEW>RENDER>MATERIAL
7. Pada toolbar MATERIAL, buat 2 material baru dengan cara:
>creat new material>beri nama “bingkai jendela”
>lakukan hal yg sama dan beri nama “kaca jendela”
Shingga ada 3 material gan,yg mana material pertama or yg ke-1 adalah masternya, jd jgn di otak atik.fokus kita adalah ke material yg telah kita buat tadi.OK gan…!
8. klik material “bingkai jendela”, pada toolbar MATERIAL EDITOR,
pilihan tempelate>pilih wood varnished
9. Pada toolbar maps dibagian Diffuse map, Selec image (Finnished,flooring…> saya ambil dari image didalam Autocad, anda bisa mencarinya)
10. Pilih Apply Material to Object>sleksi bagian bingkai jendela,maka bingkai jendela akan berubah menjadi seperti kayu yg telah di plistur.
Nah untuk bingkai jendelanya udah jadi gan,sekarang kita focus untuk kaca nya…. Lanjuuuuuuuuuuutt….!!!
Caranya sama seperti diatas,hanya sdikit perbedaan…
11. klik material “kaca jendela ”,pada toolbar MATERIAL EDITOR, pilihan tempelate>pilih Glass-Clear
12. karena dia bersifat kaca,maka perlu Klik Checkered Underlay of untuk melihatnya.
13. Pilih warna untuk kacanya gan,(disini saya pakai biru Muda karena hanya sebagai transulent aja.)
14. klik Apply Material to Object>lalu seleksi pada Bagian kaca jendela
Hasilnya seperti ini gan,,selanjutanya atur posisi terbaik,lalu view>render>render,tunggu sesaat untuk melihat hasilnya:
nah sekarang tinggal kreasi dari agan2 semua untuk memodifikasinya,,seperti yg saya buat..
sebagai gambaran sya beri tahu point2ny untuk gambar diatas….
Pertama agan harus membuat oject tembok dan lantai,sperti ini gan, untuk jendelanya ckup dicopy aja
>Tambahkan lagi 2 material editor seperti langkah no.7,beri nama “tembok” dan”lantai”.
1. material editor “tembok”
Template=user defined
Select image=Masonry.unit….
>Apply material to object
2. material editor “lantai”
Template=Cramic tile,Glazed
Select image=Masonry.Stone..
>Apply material to object
3. untuk pencahayaanya, kita kasih lampu gan.
>view>render>Light>new point light
>posisikan lampu diatas jendela (dgn menggunakan tools MOVE),lalu <enter>
>klik 2x pada lampu,maka akan kluar table properties Sbb:
KETERANGAN:
>Intensity factor = untuk member nilai cahaya lampu,semakin besar nilainya,maka semakin terang pula cahaya lampu yg dipancarkan.
>Filter color = untuk memilih warna cahaya lampu yg akan bersinar
Dan masih banyak lagi keterangan2 yg lainya gan,yg saya jelaskan adalh sebagian besarnya yg kita butuhin.agan bisa coba2 sendiri aja
Setelah semuanya slesai,atur posisi pandangan menggunakan 3Dorbit tool, lalu dirender gan untuk melihat hasilnya:
View>Render>Render
Ditunggu aja gan,tinggal seberapa cepet RAM pada computer anda untuk memprosesnya,,dsambil minum secangkir kopi hangat gan..hehehehehehe…
Demikian Tutorial Autocad kali ini
Terima Kasih
SEMOGA BERMANFAAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar